Minggu, 23 Oktober 2011

Biologi ( 1 SMA)


CIRI PROTISTA
       Kingdom protista adalah kelompok organisme yang memiliki struktur sel eukariotik, uniseluler maupun multiseluler, dan tidak memiliki jaringan yang sebenarnya. Anggota protista ada yang menyerupai sifat jamur, hewan, dan tumbuhan.
  • Protista yang menyerupai jamur
        Kelompok protista ini merupakan jamur parasit dan predator yang menghasilkan spora. JAmur parasit ini bersifat uniseluler dan hidup di perairan. Sedangkan jamur predator atau fagosit merupakan jamur lendir yang menyerupi amoeba. Sel-sel jamur lendir juga merupakan kumpulan sel-sel yang bermigrasi dan membentuk struktur seperti spora.

PROTISTA YANG MENYERUPAI JAMUR
     Anggota protista yang menyerupai jamur adalah jamur air dan jamur lendir. Kesamaanya dengan jamur adalah memiliki struktur yang menghasilkan spora, heterotrof, parasit, atau pengurai.
  • JAMUR AIR (Oomycota)
Spesies jamur air hidup bebas dan mendapatkan nutrisi dari sisa-sisa tumbuhan di kolam, danau, dan aliran air. Beberapa jamur air hidup di dalam jaringan tumbuhan yang telah mati. Beberapa jamur air juga ada yang hidup parasit pada organisme akuatik, misalnya Saprolegnia (gambar)
        Jamur air dapat melakukan reproduksi secara aseksual dan seksual. Secara aseksual jamur ini akan menghasilkan sporangium di ujung hifa (filamen/benang). Sedangkan secara seksual jamur ini melakukan penyatuan gamet jantan dan betina. Gamet dihasilkan oleh hifa yang berdifensiasi. Gamet jantan dihasilkan oleh anteridium sedangkan gamet betina oleh oongium. 
  • Jamur Lendir (Myxomycota)
Seluruh jamur lendir menghasilkan sel-sel yang hidup bebas pada sebagian hidupnya. Sel-sel yang hidup bebas ini desebut amoeboid karena memiliki bentuk seperti amoeba. Jamur lendir disebut predator fagosit karena jamur lendir dapat menelan bakteri, hama, spora, dan berbagai komponen organik.
        Saat kondisi makanan jamur lendir berkurang, sel-sel yang kelaparan akan bergabung membentuk masssa yang berlendir. Massa berlendir ini bermigrasi ke lingkungan baru yang mendukung kehidupannya. Contoh jamur lendir adalah Dictyostelium discoideum

Tidak ada komentar:

Posting Komentar