Minggu, 23 Oktober 2011

10 Buah Yang Berguna Bagi Kesehatan Dan Kecantikan




APEL

Apel mengandung karbohidrat terutama ketika sedang tumbuh dan kaya pectin (sejenis serat). Apel megandung flanovol yang disebut quercetin yang dalam beberapa penelitian memiliki bahan antikanker. Quercetin juga mengandung bahan antiradang sehingga bermanfaat bagi penyakit seperti arthritis. Sedangkan kandungan gizinya,, apel mengandung vitamin C tapi tidak sebanyak buah jeruk. Kandungan nutrisi dalam buah apel bisa membuat kulit kita halus dan kenyal. Zat flavonoid yang terkandung di dalam sebuah apel mampu menurunkan risiko kanker paru-paru dan kanker usus. Zat antioksidan yang tinggi di dalam sebuah apel, mampu melawan kolesterol jahat dalam tubuh, dan membant meningkatkan kolesterol baik pada waktu yang bersamaan. Kandungan serat yang tinggi dalam apel menjadikan buah ini sangat baik di masukkan dalam menu mereka yang berdiet.
Cara memanfaatkan apel untuk menghilangkan minyak pada wajah
  • Hancurkan buah apel dengan menggunakan blender. Jangan tambahkan air pada saat diblender.
  • Oleskan secara merata pada wajah dan biarkan selama 30 menit.


Stroberi

Stroberi mengandung ellagic acid sebagai antioksidan yang bisa menangkal bebas bikin kulit kita sehat dan tidak cepet timbul kerutan. Dalam beberapa penelitian ellagic acid terbukti dapat menghalangi pertumuhan tumor dalam paru-paru,, oshepagus kanker payudara,, cervix dan lidah. Sebagai obat tradisional,, stroberi diyakini memiliki antibakteri dan digunakan sebagai pembersih sistem pencernaan. Stroberi banyak mengandung vitamin C.

Buah manis ini sering dimanfaatkan sebagai pilihan rasa sebuah minuman. Strawberry banyak mengandung asam salisilat (yang dapat membantu mengencangkan kulit), serta vitamin B, C, E dan K. Dengan kemampuannya menyehatkan dan meremajakan kulit, masker strawberry baik digunakan untuk hampir semua jenis kulit. Penggunaannya dapat dilakukan dua kali dalam satu minggu. Cara membuat masker strawberry: Hancurkan beberapa buah strawberry yang telah dipisahkan dari tangkai dan daunnya, kemudian usapkan hancuran buah strawberry tadi pada wajah sebanyak dua sendok makan dan biarkan selama 15 menit. Setelah itu bilas dengan air hangat yang bersih. Untuk mendapat efek toning yang lebih kuat, tambahkan sedikit putih telur kocok, satu sendok makan air mawar dan beberapa tetes minyak esensial.
Cara memanfaatkan strawberry untuk mengencangkan kulit
  • Hancurkan buah stroberi menggunakan sendok atau garpu.
  • Dapat juga ditambahkan dengan 1 sendok teh madu.
  • Oleskan pada wajah.
  • Biarkan selama kurang lebih 20 menit.
  • Bersihkan dengan air hangat atau air mawar. Gunakan kapas sebagai bantuan.

Pisang
Pisang merupakan sumber vitamin B6 yang dibutuhkan untuk serotonin dalam otak. Serotonin berfungsi mengurangi rasa sakit,, menekan nafsu makan,, membuat merasa relaks,, dan mengurangi ketegangan. Sebagai obat tradisonal,, pisang digunakan untuk menyembuhkan bisul perut. Tidak seperti buah-buahan lain,, pisang mengandung banyak karbohidrat,, sedikit mengandung karotin dan vitamin C namun kaya potasium.
Selain sehat untuk dimakan, buah pisang ternyata memiliki banyak keajaiban untuk merawat kecantikan Anda. Dengan berbagai kandungan vitamin A, B kompleks dan C serta zat-zat seperti serotinim, pektin, tanin, noradrenalin dan 5 hidroksi tritamin, pisang dapat dimanfaatkan sebagai pelembab wajah, perawatan rambut dan perawatan usai persalinan. Inilah beberapa cara pembuatannya:
Sebagai pelembab wajah: ambil pisang (sebaiknya pisang ambon) yang sudah masak, lalu hancurkan dan tambahkan minyak zaitun. Gunakan dan ulangi secara teratur ramuan tersebut sebagai pelembab.
Sebagai perawatan rambut: ambil beberapa potong pelepah pisang dan ambil cairannya. Gunakan cairan tersebut untuk membasahi kulit kepala secara merata. Lakukan setiap hari selama 30 hari.
Sebagai perawatan pasca persalinan: cari dan pilih batang pohon pisang batu yang belum berbunga. Lalu, ambil airnya yang benar-benar bersih. Air tersebut kemudian digunakan untuk mencuci bagian vagina agar kembali kencang, khususnya bagi Anda yang baru melahirkan.
Cara memanfaatkan pisang untuk melembabkan kulit
  • Ambil pisang ambon dan hancurkan buahnya.
  • Tambahkan minyak zaitun atau madu pada buah pisang yang telah dihancurkan.
  • Oleskan pada wajah dan biarkan selama 30 menit.
  • Bersihkan wajah dengan kapas yang telah dibasahi air hangat.

Melon

Melon mengandung gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai antikanker. Melon merah dan oranye juga mengandung carotenoid yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan free radical (radikal bebas) dan dapat juga diubah menjadi vitamin A dalam tubuh. Melon merupakan sumber carotenoid dan juga mengandung vitamin C.
Lemon banyak mengandung vitamin A, C, B1, B2 dan B3. Oleh karenanya sangat baik digunakan sebagai lotion untuk kulit normal cenderung berminyak dan dapat digunakan setiap hari. Buah lemon juga dapat bekerja efektif bila dijadikan masker. Berikut ini cara membuat masker lemon; Campurkan satu sendok teh jus lemon dengan putih telur yang sudah dikocok. Oleskan pada wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelah itu angkat dan bersihkan dengan air mawar atau air hangat. Gunakan masker ini selama satu minggu untuk hasil yang maksimal.

Jeruk

Jeruk mengandung phytochemical yang disebut hesperidin yang berfungsi sebagai aintioksidan. Jeruk juga sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah dan termasuk buah rendah serat namun sumber vitamin C dan folate.

Cara memanfaatkan jeruk untuk menghilangkan jerawat
  • Peras jeruk untuk mendapatkan airnya.
  • Tambahkan madu pada perasan air jeruk dengan perbandingan 1:1.
  • Oleskan pada wajah dan biarkan selam 30 menit.
  • Cuci wajah dengan air hangat.
  • Dapat digunakan setiap hari untuk menghilangkan jerawat.

Mangga

Mangga megandung carotenid yang disebut betacrytoxanthin,, sebuah antikosidan yang dapat melindungi terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Mangga termasuk buah yang kaya carotenoid,, serat,, dan vitamin C.  Kandungan betakaroten dan vitamin A pada mangga merupakan nutrisi yang baik untuk memperbaiki sel kulit dan dapat mencerahkan kulit yang kusam. Selain itu, mangga juga kaya akan vitamin E yang berperan untuk melembabkan kulit.

Cara memanfaatkan mangga untuk mencerahkan kulit:
·       Kupas mangga dan buang bijinya, kemudian blender
·       Tambahkan campuran mangga tersebut dengan dua sendok makan bubuk oatmeal dan dengan setengah cangkir susu.
·       Aduk bahan menjadi satu hingga berbentuk seperti pasta dengan butiran yang agak kasar. Dinginkan campuran tersebut selama 10 menit dalam kulkas sebelum mengaplikasikannya pada wajah dan leher.
·       Balurkan campuran ke seluruh wajah dan leher. Diamkan selama 15 menit sampai 20 menit, lalu bilas wajah dan leher dengan air hangat.


Kiwi

Kiwi dapat diubah menjadi sebuah senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker. Kiwi juga dapat dibuat masker pembersih wajah yang dapat mengecilkan pori-pori wajah, buah kiwi juga dapat digunakan untuk membuat masker pengelupasan kulit mati. Setiap hari pasti ada sel kulit yang telah mati di permukaan kulit. Jika tidak dibersihkan, sel kulit mati ini bisa menimbulkan masalah seperti jerawat, komedo atau membuat kulit kasar dan kusam. Kulit berjerawat, kusam, dan kasar tentu akan sangat mengganggu.
Membersihkan kulit mati dengan menggunakan masker buah kiwi atau scrub dan lulur lainnya dikenal dengan istilah Eksfoliasi.
Eksfoliasi adalah cara membersihkan kulit mati pada kulit dengan menggunakan scrub atau lulur yang digosokkan perlahan pada kulit.
Cara membuat :
·       Buah kiwi, strawberry, dan timun dibersihkan dan potong kecil-kecil.
·       Campur dan blender buah-buah tersebut sampai halus.
·       Oleskan sampuran tersebut pada wajah dan leher dan gosok perlahan disertai dengan pijatan lembut untuk membantu pengelupasan kulit mati.
·       Diamkan sekitar 5-10 menit, lalu bersihkan menggunakan air hangat.

Plum

Plum mengandung Phytochemical yang disebut ferulic acid,, yang memiliki seyawa antikanker. Penelitian menunjukkan banyak konsumsi ferullic acid dapat membantu menurunkan resiko kanker usus. Plum memiliki beragam warna dan merupakan sumber alami untuk vitamin C, A, B2, beta-karotin dan potassium. Plum baik dikonsumsi oleh anda yang ingin berdiet, karena ia memiliki serat yang tinggi. Mengurangi gejala demam, flu, asma, penyakit jantung, stroke, rematik dan kanker adalah manfaat dari buah yang sering dijadikan manisan ini. Tidak itu saja, plum juga membantu menyerap zat besi dalam tubuh dan berguna sebagai pencahar alami.

Anggur

Kulit aggur mengandung phytochemical yang disebut resveratrol yang terbukti dapat meningkatkan kesehatan jantung,, atikanker,, antibakteri,, dan mengandng antioksidan. Anggur memiiki kandungan serat dan vitamin C yang rendah.

1. Asma
Anggur memiliki kekuatan assimilatory yang dapat meningkatkan kadar air dalam paru-paru. Hal ini sangat baik bagi penderita asma karena dapat mengurangi masalah sesak nafas.

2. Antibakteri
Anggur merah memiliki kandungan antibakterial dan antivirus yang kuat, sehingga dapat melindungi tubuh dari infeksi.

3. Alzheimer
Penelitian menunjukan bahwa anggur dapat meningkatkan kesehatan otak dan menghindari dari penyakit Alzheimer. Hal ini dikarenakan anggur mengandung resveratol, yakni sebuah polifenol yang mengurangi tingkat amyloidal beta peptides pada penderita Alzheimer.

4. Kanker payudara

Penelitian juga menunjukkan bahwa jus anggur yang berwarna ungu membantu dalam mencegah kanker payudara yang secara signifikan mengurangi massa tumor pada payudara.

5. Sembelit
Anggur mengandung asam organik, gula, selulosa yang dikenal sebagai pencahar. Manfaat ini sangat baik untuk mengatasi keluhan sembelit atau susah buang air besar.

6. Kelelahan
Jus anggur mengandung energi instan. Jus anggur yang kaya akan zat besi dapat mengurangi kelelahan diimbangi dengan istirahat yang cukup.

7. Penyakit jantung

Tingkat oksida nitrat dalam darah akan meningkat ketika Anda mengonsumsi buah anggur, yang bermanfaat untuk mencegah pembekuan dan mengurangi risiko penyakit jantung. Antioksidannya juga dapat menghentikan oksidasi kolesterol LDL yang menghambat pembuluh darah.

8. Pencernaan
Bila Anda menderita gangguan pencernaan, ada baiknya Anda mengonsumsi anggur. Anggur juga baik untuk mengatasi masalah perut lainnya.

9. Migrain
Minum jus anggur murni tanpa campuran air di setiap pagi dapat menyembuhkan penyakit migrain atau sakit kepala sebelah.

10. Gangguan ginjal
Anggur dapat membantu menyingkirkan asam pada ginjal. Hal ini berarti mengurangi gangguan pada tekanan ginjal.


Cara Memanfaatkan buah aggur untuk masker kulit
• Hancurkan beberapa anggur yang culup untuk menghasilkan 2 sendok makan jus.
• Saring jus tersebut
• Oleskan pada wajah dengan menggunakan kapas
• Setelah 20 menit, bilas dengan air mawar


Nanas

Nanas engandung enzim bromelain yang memiliki kemampuan untuk menguraikan protein. Nanas sering dipakai sebagai bahan pelunak daging selain berguna membantu pencernaan,, menguraikan pembekuan darah,, mencegah sinusitis, dan infeksi saluran kencing. Nanas merupakan sumber vitamin C dan serat serta mengandung kadar gula yang tinggi.     
Buah tropis ini ternyata memiliki segudang manfaat bagi tubuh kita. Berasal dari nama nanas ini merupakan nama yang berasal dari sebutan orang Tupi untuk buah ini: anana, yang bermakna “buah yang sangat baik”. Dari arti hal tersebut kita sudah dapat menyimpulkan bahwa buah ini mempunyai manfaat yang baik bagi tubuh kita.
Dari buah tersebut hampir 90% mengandung air di dalamnya. Dengan kekayaannya seperti Kalium, Kalsium, lodium, Sulfur, Khlor, Asam, Biotin, Vitamin B12, Vitamin E serta Enzim Bromelin. Dengan kandungannya yang begitu banyak ternyata dapat membantu untuk mengobati penyakit.
- Membantu pencernaan/mengobati luka
Buah nanas kaya akan enzim bromelain yang berguna untuk melegakan tenggorokan dan membantu pencernaan. Enzim bromelain mencerna protein di dalam makanan dan menyiapkannya agar mudah diserap tubuh. Bromelain membantu penyembuhan luka dan mengurangi pembengkakan/peradangan di dalam tubuh.
- Memperkuat system imun
Nanas mempunyai asam amino esensial dan non esensial untuk membantu memperkuat sistem imun dalam tubuh, mengatasi kelelahan dan meningkatkan stamina dan energi. Zat valine dan leucine yang terdapat di dalam nanas juga dibutuhkan oleh tubuh kita untuk pertumbuhan dan memperbaiki jaringan otot. Zat ini termasuk salah satu zat esensial yang diperlukan untuk mempertahankan kadar energi tubuh kita. Zat amino non esensial, proline, penting untuk mempertahankan fungsi sendi dan tendon serta menguatkan otot jantung. Selain itu, nanas mengandung cystine yang berguna untuk pembentukan kulit dan rambut kita. Cystine juga membantu memperlambat proses penuaan dini.
- Menurunkan berat badan
Buah nanas ternyata dapat melangsingkan tubuh dan cukup baik digunakan untuk program diet. Caranya adalah sediakan 1 buah nanas yang tidak terlalu matang, kupas lalu cuci bersih. Potong seperlunya lalu dijus atau diparut, kemudian peras airnya. Minum perasan air ini tanpa campuran apapun, lakukan dua kali sehari.
Masih ada lagi manfaat lain yang terkandung dalam buah nanas tersebut. Akan tetapi dari manfaat nya yang cukup banyak ternyata juga ada efek samping dari buah ini. Pertama, nanas muda berpotensi sebagai abortivum atau sejenis obat yang dapat menggugurkan kandungan. Kedua, dalam saluran cerna, buah nanas terfermentasi menjadi alkohol. Ini bisa memicu kekambuhan rematik dan radang sendi. Dan yang ketiga, buah nanas masak mengandung kadar gula yang cukup tinggi. Penderita diabetes sebaiknya tidak mengonsumsi nanas secara berlebihan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar